Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka layanan "Paspor Simpatik Akhir Pekan", dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti layanan Paspor Simpatik ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Rahmad Suharto dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan Paspor Simpatik Akhir Pekan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-74 pada 26 Januari 2024 dimulai pada Sabtu (6/1), Sabtu (13/1) dan Sabtu (20/1/2024) dari pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB dengan antrean secara walk in atau datang langsung.

Sementara itu, layanan ini hanya melayani kuota 20 permohonan tanpa harus mendaftar di aplikasi M-Paspor, khusus untuk permohonan paspor baru dan penggantian habis masa berlaku, tidak melayani penggantian hilang maupun rusak.

"Kemarin red-Sabtu (6/1), kita melayani 19 orang pemohon, terdiri dari 16 permohonan paspor baru dan 3 permohonan paspor penggantian," katanya.

Ia menyatakan bagi masyarakat di Pulau Belitung yang ingin membuat Paspor pada Sabtu berikutnya dapat datang secara langsung ke Kantor Imigrasi Tanjungpandan. Untuk paspor baru, pemohon harus membawa KTP elektronik, Kartu Keluarga, akte lahir atau buku nikah atau ijazah, membawa dokumen asli dan foto kopi satu lembar serta meterai Rp10 ribu sebanyak satu lembar.

Kemudian pada penggantian paspor, pemohon membawa KTP elektronik, paspor lama, membawa dokumen asli dan foto kopi sebanyak satu lembar serta menyediakan meterai Rp10 ribu sebanyak satu lembar.

Sementara itu, untuk permohonan paspor biasa dikenakan biaya Rp350 ribu dan paspor elektronik sebesar Rp650 ribu. Pemohon layanan paspor diharapkan untuk menggunakan sepatu, pakaian sopan dan rapi, berkerah, serta dianjurkan tidak menggunakan baju berwarna putih.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, semoga pelaksanaan Paspor Simpatik ini dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," kata Rahmad Suharto. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024