Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok bawang dan cabai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan masyarakat karena pasokan dari daerah sentra produksi komoditas tersebut lancar.

"Saat ini stok bawang merah, putih, cabai merah, komoditas lainnya cukup dan harga komoditas tersebut stabil," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tamin AB di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan saat ini stok bawang merah di gudang distributor mencapai 8 ton dan pekan ini ditambah pasokan 18 ton, stok bawang putih 10 ton dan akan ditambah 10.035 ton untuk memperkuat stok menjelang Imlek tahun ini.

Stok cabai merah besar sebanyak lima ton dan akan ada penambahan pasokan dalam minggu ini 0.302 ton, cabai merah kecil sebanyak lima ton dan akan ditambah pasokan 0,201 ton.

Sementara itu, stok kacang kedelai 115 ton, jagung 20 ton dan kacang tanah 21 ton, sehingga dipastikan stok komoditas ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau Bangka dan Belitung.

"Alhamdulillah, pasokan cabai dan bawang ini tidak hanya dari petani lokal, tetapi juga dari daerah sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera sehingga ketersediaan komoditas penyumbang inflasi ini cukup berlimpah," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mengatakan Babel terus memperkuat ketersediaan cabai, bawang dan komoditas sayur mayur lainnya melalui gerakan tanam serentak.

"Apa yang ditanam di Januari tahun ini sudah panen dan tiga bulan kedepannya sudah panen dan tidak ada cerita-cerita inflasi terhadap komoditi tertentu di daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024