Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui pencegahan penyebaran berbagai penyakit berbasis lingkungan.

"Sebagai tahap awal kita akan terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan sekitar tempat tinggal agar kualitas kesehatan warga semakin membaik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Mohammad Soleh di Mentok, Jumat.

Untuk mewujudkan hal ini, Pemkab Bangka Barat melalui beberapa instansi terkait terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat semakin paham dan bisa bersama-sama melakukan peningkatan kesehatan lingkungan.

"Program desa terbebas buang air besar sembarangan terus kita lakukan, hal ini penting agar masyarakat semakin sadar kesehatan dan tertib dalam mengelola limbah agar tidak menjadi penyebab penyebaran penyakit," ujarnya.

Ia mengatakan program "open defecation free" (ODF) terus dilakukan karena belum semua keluarga di daerah itu memiliki toilet di rumah masing-masing.

"Terakhir kita laksanakan deklarasi ODF di Desa Kacung, Simpangteritip, deklarasi ini sebagai wujud dukungan masyarakat agar bisa menghentikan kebiasaan buruk dalam buang air besar sehingga bisa mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan," katanya.

Menurut dia, komitmen yang sudah dilakukan warga dan dukungan dari pemerintah ini diharapkan bisa menjadi langkah baru dalam menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan derajat kesehatan masyarakat semakin membaik.

Selain membantu agar seluruh desa ODF, pemkab juga mendorong agar ke depan desa-desa yang ada di daerah itu mampu mewujudkan program desa sanitasi total berbasis masyarakat.

Program ini merupakan kerangka besar dengan lima pilar yang harus dipenuhi, yaitu menghentikan kebiasaan buang ari besar sembarangan, cuci tangan memakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cari rumah tangga.

"Kita menuju ke arah sana, untuk itu pemerintah terus mendukung dan mendorong masyarakat agar secara bertahap menjalankan beberapa target itu. Kita tetap optimistis mampu bergerak bersama mengubah perilaku agar kualitas kesehatan lingkungan semakin meningkat dan derajat kesehatan membaik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024