Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Bangka Tengah Aulia Januarti terpilih mewakili Provinsi Bangka Belitung dalam ajang Duta Siswa Indonesia 2024 tingkat nasional.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Belitung Parija di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan Aulia bersama tiga perwakilan Bangka Belitung lainnya mengikuti rangkaian kegiatan Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024 di Medan, Sumatra Utara pada 18-20 Januari 2024.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena salah satu siswa MAN IC yang notabene di bawah naungan Kementerian Agama dapat menjadi perwakilan Bangka Belitung di ajang nasional," ujarnya.

Parija berharap prestasi yang diraih Aulia dapat menjadi salah satu bukti keunggulan MAN IC Bangka Tengah.  

"MAN IC adalah madrasah unggulan yang di dalamnya banyak siswa yang memiliki kompetensi baik di bidang akademik maupun non akademik. Saya harap prestasi ini dapat menginspirasi siswa lainnya,” katanya.  

Baca juga: MAN IC Bangka Tengah gelar kegiatan ophesaic jelang SNPDB

Kepala MAN IC Bangka TengahAhmad Sukri Ahkap mengatakan, prestasi yang diraih Aulia di awal tahun menjadi pemantik bagi MAN IC Bangka Tengah untuk terus berupaya mengembangkan kompetensi siswa. 

“Tentu saja kebanggaan bagi MAN IC Bangka Tengah karena siswa kita menjadi perwakilan Bangka Belitung pada ajang tingkat nasional," ujarnya.


Ia mengatakan, Duta Siswa Indonesia merupakan sebuah program bagi siswa seluruh Indonesia untuk belajar, berdialog, bertukar ide dan solusi dalam mengembangkan skill dan kreatifitas sehingga terlahir siswa generasi emas Indonesia.  

“Kegiatan ini patut didukung karena dampaknya sangat positif bagi siswa. Program tersebut fokus pada peningkatan kualitas siswa dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan," ujarnya.  

Auliya Januarti yang duduk di kelas XI MAN IC Bangka Tengah telah mengikuti rangkaian seleksi yang panjang  sejak seleksi tahap awal, semifinal hingga tahap final dan akhirnya  

“Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah dan para guru yang telah memberi dukungan penuh ke sehingga saya dapat meraih prestasi ini. Tentu saja, saya akan mencoba melakukan persiapan yang maksimal sehingga dapat mengharumkan nama madrasah dan Bangka Belitung pada tingkat nasional,” ucap Aulia. (Rilis)

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024