Bawalsu Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat peran Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di daerah itu guna mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Kami memperkuat peran PTPS pada pelaksanaan Pemilu 2024 agar pemilu dapat berjalan secara demokratis tanpa kecurangan," kata Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Selasa.

Bawaslu Belitung telah melantik sebanyak 547 anggota PTPS di lima kecamatan setelah melewati tahapan seleksi dan penjaringan melalui metode serta aturan petunjuk teknis perekrutan anggota PTPS Pemilu 2024 .

"Serangkaian kegiatan dan tahapan telah dilalui oleh panwaslu kecamatan dalam merekrut anggota PTPS baik seleksi wawancara dan akhirnya penetapan serta pelantikan," ujarnya. 

Ia mengatakan, anggota PTPS Pemilu 2024 merupakan pejuang demokrasi yang berperan guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Bawaslu Belitung minta media berimbang siarkan iklan kampanye Pemilu 2024

Baca juga: Bawaslu Belitung tangani tujuh laporan temuan perusakan APK

Disampaikannya, anggota PTPS Pemilu 2024 siap menjaga dan mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat TPS sehingga pemilu berjalan tanpa kecurangan.

"Apabila ditemukan ada proses yang dianggap kurang baik di TPS untuk segera dilakukan penindakan oleh anggota PTPS," ujarnya.

Menurut Aris, selain itu, anggota PTPS Pemilu 2024 nantinya akan memeriksa kembali soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) yang sudah ditetapkan oleh KPU Belitung. 

"Anggota PTPS akan meneliti pemilih yang hadir, melihat kesesuaian surat suara yang nanti akan diterima oleh pemilih, apakah nanti menerima surat suara Pemilu 2024 atau hanya beberapa surat suara Pemilu 2024," katanya.

Ia mengimbau, anggota PTPS Pemilu 2024 tetap profesional dan menjaga netralitas saat bertugas di lapangan.

"Karena anggota PTPS ini adalah salah satu penentu tonggak demokrasi bangsa, mereka bertanggungjawab menjaga TPS dari kecurangan di hari pemungutan suara Pemilu 2024," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Belitung telah awasi 508 kegiatan kampanye Pemilu 2024

Baca juga: KPU Belitung gelar pisah sambut ketua dan komisioner

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024