Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprioritaskan program pembangunan daerah berbasis daya saing dan digitalisasi.

"Jalankan program pembangunan yang menjadi skala prioritas untuk memperkuat daya saing dan terus berinovasi dalam membangun," kata Bupati Belitung Timur, Burhanudin, di Manggar, Rabu.

Melalui inovasi, kata bupati, dapat meningkatkan kualitas layanan publik, mempercepat pembangunan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi untuk pertumbuhan ekonomi.

"Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) diharapkan mampu menghasilkan program kegiatan yang selaras dengan prioritas pembangunan daerah," ujarnya.

Menurut dia, ada skala prioritas dan indikator yang ingin dicapai dalam setiap program dan itu selalu ditekankan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Saya sering sampaikan ke OPD agar mereka melihat kondisi di lapangan sehingga di saat usulan desa masuk ke kabupaten akan menjadi skala prioritas dan jadi perhatian utama," ujarnya.

Bupati mengatakan, pembangunan daerah harus berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas, terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

"Setiap program pembangunan mesti memiliki pengaruh terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Camat Manggar Herri Susanto mengatakan, di Kecamatan Manggar terdapat 179 usulan rencana pembangunan yang disampaikan oleh para kepala desa.

Usulan itu di antaranya adalah lampu penerangan di lokasi wisata Pantai Nyiur Melambai, di mana fasilitas dan sarana prasarana yang kurang memadai sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah pengunjung.

"Kemudian, perlunya peningkatan pengelolaan homestay, serta masih kurangnya peralatan tangkap untuk nelayan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024