Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat penumpang angkutan laut antarpulau yang berangkat dari Babel pada Desember 2023 mencapai 55,01 ribu orang atau naik 57,47 persen dibanding bulan sebelumnya 34,93 ribu orang.

"Peningkatan penumpang angkutan laut ini karena meningkatnya arus mudik natal dan tahun baru," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan penumpang kapal laut yang berangkat tertinggi terjadi di pelabuhan lainnya 151,85 persen, Pelabuhan Belinyu sebesar 134,14 persen dan Tanjung Kalian sebesar 74,71 persen.

"Penurunan keberangkatan penumpang terjadi pada Pelabuhan Pangkalbalam dan Tanjung Pandan, namun tidak mempengaruhi agregat karena jumlahnya yang tidak signifikan," katanya.

Ia menyatakan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Desember 2022), jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara agregat tercatat mengalami peningkatan sebesar 13,17 persen

Menurut dia hal yang sama juga terjadi pada kedatangan penumpang angkutan laut, dimana terjadi peningkatan jumlah dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Desember 2023 penumpang yang datang tercatat sebanyak 43,64 ribu orang.

"Peningkatan terbesar terjadi pada Pelabuhan Belinyu 141,30 persen diikuti Pelabuhan Tanjung Kalian sebesar 36,45 persen dan Pelabuhan Tanjung Pandan sebesar 11,61 persen," katanya.

Ia menambahkan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Desember 2022) kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat mengalami penurunan sebesar 2,29 persen," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024