PT Timah bersama warga Desa Gemuruh Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau menanam 100 pohon cemara laut di Pantai Batu Kucing, guna mencegah abrasi kawasan objek wisata daerah itu.

"PT Timah konsisten melaksanakan program yang berorientasi pada lingkungan ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan penanaman pohon cemara di Pantai Batu Kucing ini sebagai langkah menjaga ekosistem pesisir dalam pencegahan abrasi yang akan merusak keindahan objek wisata unggulan masyarakat di daerah ini.

"Alhamdulillah, kegiatan penanaman cemara ini sangat disambut antusias masyarakat yang ikut melakukan penanaman," katanya.

Kepala Desa Gemuruh Ari Supriyadi Nurfaisal sangat senang dengan adanya penanaman pohon ini dan kawasan ini akan dikelola menjadi salah satu kawasan wisata yang lebih menarik. 

"Kami akan menata lokasi Pantai Batu Kucing menjadi tempat wisata, sehingga dengan adanya penanaman cemara di sini tentu akan menjadikan Pantai Batu Kucing semakin indah," katanya.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kecamatan Kundur Barat Eviyanti mengapresiasi kepedulian PT Timah untuk membantu masyarakat baik dari sosial, ekonomi maupun lingkungan.

Ia mengatakan cemara laut ini berfungsi sebagai penahanan abrasi pantai, pelindung dari angin dan gelombang tinggi sehingga diharapkan dengan adanya cemara laut ini, kedepan dapat menahan laju abrasi di sekitar Pantai Batu Kucing.

Selain itu tentunya akan memperindah lokasi Pantai Batu Kucing yang akan dijadikan lokasi wisata baru di Desa Gemuruh dan semua itu tentunya membutuhkan dukungan semua pihak termasuk masyarakat.

"Selama ini PT Timah secara konsisten melaksanakan beberapa program dan kegiatan yang berorientasi pada lingkungan seperti penanaman cemara, penanaman mangrove dan juga program pemasangan penahan abrasi," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024