Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran senilai Rp8,9 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas kawasan wisata Air Panas di Desa Nyelanding.

"Anggaran itu bersumber dari APBD kabupaten dan provinsi, tahun ini mulai dilakukan pengerjaan fisik jalan dan fasilitas pendukung kawasan wisata," kata Bupati Bangka Selatan Riza Hardavid di Toboali, Sabtu.

Bupati mengatakan, sebagian anggaran ditanggung APBD Babel karena pembangunan infrastruktur jalan di Desa Nyelanding masih masuk tanggung jawab provinsi.

"Selain jalan, kita juga fokus pembangunan konstruksi beberapa jembatan kecil dan pengembangan kawasan wisata Air Panas," ujarnya.

Pemkab Bangka Selatan menggelontorkan anggaran miliaran rupiah, merupakan bagian dari upaya menumbuhkan ekonomi baru di masyarakat.

"Kita berupaya memunculkan titik ekonomi baru bagi masyarakat di Desa Nyelanding dengan pembangunan infrastruktur jalan dan pengembangan kawasan wisata," ujarnya.

Menurut bupati, kawasan wisata Air Panas Nyelanding perlu dikembangkan karena salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak dikunjungi para wisatawan.

"Tentu kita berharap pengembangan kawasan wisata ini juga berdampak terhadap geliat ekonomi masyarakat, terutama para pelaku UMKM," ujarnya.

Bupati juga mengajak warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk membantu mempromosikan kawasan wisata potensial.

"Kekuatan dari objek wisata itu adalah promosinya, sehingga berdampak terhadap meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024