Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengedukasi dan membina pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) menanam sayur hidroponik, guna mempercepat kesembuhan mereka di rumah sakit maupun panti sosial di daerah itu.

"Program ini agar pasien lebih aktif dan mandiri selama menjalani perawatan di panti sosial," kata Penjabat Ketua TP PKK Kepulauan Babel Safriati Syafrizal saat berkunjung ke Panti Sosial Bina Laras Hijrah Desa Selinsing, Belitung Timur, Jumat.

Ia mengatakan penanaman tanaman sayur mayur, seperti cabai, bayam, dan sawi secara hidroponik atau polibag di lingkungan pantai sosial dan rumah sakit ini tentu akan banyak manfaatnya bagi pasien atau penyandang disabilitas jiwa yang sedang menjalani perawatan.

"Alhamdulillah artinya produktif ya dengan menanam sayuran hidroponik dan bisa dikonsumsi dan bahkan dijual," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syarizal ZA tengah menggencarkan Program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel), guna meningkatkan produksi pangan dan menekan inflasi di daerah ini.

"Pak Pj Gubernur Safrizal sedang menjalankan program bagi-bagi bibit cabai. Saya minta tolong untuk pihak panti menyiapkan lahan dan kita akan salurkan bibit cabai untuk ditanam di sini," ujarnya.

Ia berpesan kepada para pasien agar aktif dalam kegiatan yang diadakan perawat-perawat di panti, sedangkan bagi para pasien yang berhasil menanam dan merawat tanaman cabai akan mendapatkan hadiah atau bantuan.

"Bagi bapak ibu yang berhasil merawat tanamannya hingga berbuah akan mendapatkan alat olahraga, alat cukur rambut, dan lainnya sesuai dengan aspirasi yang disampaikan, dengan harapan para pasien bisa mengisi aktivitas di panti dan lebih mandiri," kata Safriati Syafrizal.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024