Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Kepulauan Bangka Belitung mengatakan harga beras kualitas premium di sejumlah distributor sudah mengalami penurunan, karena stok berlimpah dan pasokan komoditas tersebut lancar.

"Saat ini harga beras premium merek topi-topi, patin dan lidah turun menjadi Rp73.000 per kampil satuan isi lima kilogram dibandingkan hari sebelumnya Rp78.000 per kampil," kata Plt. Wadir Reskrimsus Polda Babel AKBP Fahroni usai sidak harga sembako di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan dalam memastikan stok dan harga berbagai kebutuhan pokok ini, Tim Satgas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan pemantauan dan monitoring stok dan harga pangan khususnya beras di distributor, pasar moderen dan pasar tradisional.

"Hari ini kami bersama Disperindag dan Bulog Cabang Bangka serta Stakeholder terkait melakukan pemantauan di pasar pembangunan, gudang distributor hingga retail modern yang ada di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Ia menyatakan dari hasil pantauan stok dan harga beras di pasar hingga gudang distributor masih terpantau aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut puasa Ramadhan tahun ini.

"Kami dari Polri pada prinsipnya membantu teman-teman satgas pangan untuk rutin mengecek harga bahan pokok di pasar, terutama harga beras," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak panik karena harga beras sudah mulai turun dan diperkirakan akan terus mengalami penurunan, seiring kegiatan operasi pasar dan pasar murah yang terus digencarkan pemerintah daerah.

"Saya berharap masyarakat tidak panik dengan situasi yang ada, mengingat harga beras saat ini sudah mulai menurun," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024