Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sinarto menyebut pleno rekapitulasi perhitungan suara di daerah itu berjalan lancar.

"Di hari kedua terhitung sejak 29 Februari hingga 2 Maret, pelaksanaan pleno rekapitulasi suara dari data panitia pemilihan kecamatan (ppk) berjalan lancar," kata Sinarto di Sungailiat, Jumat.

Dia mengakui, rapat pleno yang diagendakan berakhir pada Sabtu, 2 Maret 2024, terdapat sanggahan - sanggahan kecil dari sejumlah saksi, namun semua bisa diselesaikan dengan baik sehingga tidak merugikan kedua belah pihak.

"Sanggahan dari saksi saya anggap suatu hal yang wajar dalam dinamika pesta demokrasi, namun data suara semua sudah diplenokan di tingkat kecamatan yang saat pula di saksikan dan disahkan oleh para saksi," jelas dia.

Menurutnya, data suara dari delapan PPK di wilayah kecamatan di klarifikasi kembali pembenaran dalam pleno tingkat kabupaten, sehingga data suara tingkat kabupaten akan sama dengan data suara yang sudah diplenokan di ppk.

"Saya pastikan tidak akan ada perbedaan jumlah suara di tingkat ppk dan tingkat kabupaten," tegas Sinarto.

Dia memberikan apresiasi besar kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024.

"Saya berharap, rapat pleno rekapitulasi suara di hari terakhir, Sabtu (2/3) berjalan lancar, aman dan tertib," kata dia.

Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bangka, mendapat pengamanan penuh dari pihak kepolisian resor setempat yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol Bagus Krisna Ekaputra, dan dibantu sejumlah kepala satuan dari Polres itu.

Kapolres Bangka AKBP Toni Sarjaka melalui Kasi Humas Akp Zulkarnain mengatakan, sejumlah personel polisi disiapkan mengamankan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara dari hari pertama sampai terakhir.

"Saya minta personel dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional , sehingga pelaksanaan proses Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan kondusif," ujarnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024