Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan hingga hari terakhir proses rekapitulasi hasil perhitungan suara di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sejak 29 Februari sampai 2 Maret 2024, berjalan lancar, meskipun terjadi kendala teknis jaringan internet.

"Meskipun sempat terjadi kendala jaringan internet yang tidak stabil dan memaksa beberapa kali harus jeda, namun proses rekapitulasi di hari terakhir berjalan lancar," kata Ketua KPU Bangka Sinarto di Sungailiat, Sabtu.

Jaringan internet yang tidak stabil, kata Sinarto, dipengaruhi oleh  banyaknya pengguna yang mengakses server tersebut.

"Harus dimaklumi, di saat yang bersamaan banyak pengguna server karena  jadwal rekapitulasi perhitungan suara hampir merata di seluruh Indonesia," kata Sinarto.

Meski demikian, proses pembacaan rekapitulasi kembali berlangsung, walaupun harus berulangkali mengakses server.

"Tapi Alhamdulillah setelah kita buka server sampai beberapa kali, kita bisa membacakan kembali hasil rekapitulasi," bebernya. 

Setelah istirahat tinggal membacakan rekapitulasi DPRD Kabupaten daerah pemilihan empat, dan akan diproses finalisasi. Kemudian setelah dicetak akan dilakukan sinkronkan kembali, lalu ditandatangani dan cap basah.

"Kemudian barulah kita bagikan kepada para saksi, nantinya kita akan melakukan proses penetapan dan penutupan," jelasnya.

Dengan demikian, di hari ketiga ini proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten akan rampung. 

Setelah selesai rekapitulasi tingkat kabupaten, dijadwalkan akan dilakukan rapat pleno tingkat Provinsi Bangka Belitung untuk menyampaikan data perolehan suara dari tingkat kabupaten/kota.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024