Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan sukses menggelar pemilu 2024 dengan salah satu indikator capaian partisipasi pemilih sebesar 80 persen lebih atau melampaui target nasional sebesar 77 persen lebih.

"Angka partisipasi pemilih pemilu 2024 yang berhasil melampaui target nasional ini merupakan hasil kerja keras semua pihak yang membantu proses sosialisasi sampai ke tingkat bawah," kata Ketua KPU Bangka Sinarto di Sungailiat, Senin.

Selain capaian angka partisipasi pemilih yang terbilang tinggi, kata Sinarto, pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bangka itu juga berjalan aman, lancar dan tertib.

"Saat ini proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten baru selesai. Apresiasi dan dukungan moral dorongan sebagai tambahan semangat bagi kami untuk terus menjaga integritas dan profesionalisme dalam mengelola proses pemilu dengan baik," ungkap Sinarto.

Menurut dia, apresiasi itu memiliki banyak dampak positif terutama dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam pemilu serta mereka ikut berperan dalam mendorong pemuda menjadi penyelenggara pemilu.

"Saya memberikan apresiasi besar kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang telah mendukung kami sebagai penyelenggara pemilu sehingga berjalan dengan lancar," katanya.

Data KPU Kabupaten Bangka mencatat daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu  sebanyak 234.537 jiwa, di antaranya 193.065 pemilih menggunakan hak pilihnya pada pemilu presiden dan wakil presiden.

"Pengguna hak pilih dalam DPT mencapai 193.065 jiwa dan tingkat partisipasi berdasarkan pemilih DPT sekitar 82,32 persen. Pengguna hak pilih DPT ditambah dengan DPTB dan DPK sebanyak 198.295 pemilih dengan tingkat partisipasi 84,55 persen," ujarnya..

Sekretaris BEM Institut Pahlawan 12 Bangka, Fadilah Hernina memberikan apresiasi besar atas kinerja KPU yang sukses menyelenggarakan pemilu 2024.

Apresiasi dari BEM Institut Pahlawan 12 Bangka, diberikan dalam bentuk parcel yang diterima langsung oleh Ketua KPU Bangka Sinarto dan Sekretaris KPU Bangka, Basuni.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024