Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan anggaran Rp34 miliar untuk pembangunan infrastruktur fisik.

"Total anggaran Rp 34 miliar itu, yaitu Rp8 miliar dari APBD Belitung Timur Tahun 2024, dana alokasi khusus (DAK) Rp13 miliar dan dari dana bagi hasil perkebunan sawit tahun 2024 sebesar Rp6 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRP2RKP) Belitung Timur Idwan Fikri, di Manggar, Senin.

PUPRP2RKP Belitung Timur melakukan pelelangan terhadap 17 paket proyek infrastruktur fisik tersebut.

"Mayoritas paket proyek tersebut untuk pembangunan jalan, baik jalan kabupaten maupun jalan lingkungan," kata Idwan.

Ia menjelaskan, untuk proyek pembangunan jalan kabupaten di Bidang Bina Marga setidaknya ada tujuh paket, yakni pembangunan jalan Kecamatan Kelapa Kampit, Simpang Pesak, Air Nayu-Lilang Kecamatan Gantung, Batu Begalang, Nyuruk-Tungkup, dan Ngarawan-Pancur Desa Padang Kecamatan Manggar.

Untuk proyek pembangunan jalan lingkungan di Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman ada tiga paket, yakni di Kecamatan Gantung dan dua Kecamatan Manggar, dengan total anggaran Rp4 miliar.

"Anggarannya Rp1,6 miliar untuk yang di Kecamatan Gantung, Rp1,6 miliar di Kecamatan Manggar, dan Rp600 juta untuk yang di Desa Bentaian Kecamatan Manggar,” kata Idwan.

Sedangkan untuk Bidang Sumber Daya Air, terdapat lima paket proyek dan yang paling besar dengan anggaran Rp5 miliar, yakni proyek Pembangunan Penahan Abrasi Pantai Burung Mandi Kecamatan Damar.

"Nanti kami buatkan penahan gelombangnya dengan rapi, sekalian tempat destinasi wisata seperti yang ada di Pantai Pasir Padi Bangka. Saat ini kami tengah melakukan sosialisasi dengan warga,” ujarnya.

Sisanya yakni dua paket berasal dari Bidang Cipta Karya. Dua paket tersebut akan diperuntukkan pemeliharaan jaringan sistem penyediaan air minum (SPAM).

“Kalau untuk pembangunan taman kami belum ada. Saya berharap mudah-mudahan tahun depan di Bidang Cipta Karya akan ada proyek yang besar,” ujar Idwan pula.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024