Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendorong petani tambak untuk mengembangkan budi daya ikan air tawar guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang terus meningkat.

"Kami terus mendorong masyarakat petani tambak untuk mengembangkan budi daya ikan air tawar sehingga secara signifikan dapat meningkatkan pendapatan petani," kata Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah di Sungailiat, Selasa
   
Selain itu, untuk mencukupi permintaan kebutuhan benih ikan, pihaknya secara bertahap melakukan pemenuhan sejumlah benih ikan air tawar di Balai Benih Ikan (BBI).

"Benih ikan yang kami sediakan di balai itu meliputi, benih ikan lele, nila, gurame, emas dan sejumlah benih ikan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, petani tambak yang membutuhkan benih ikan dapat langsung ke BBI untuk memilih jenis ikan yang diinginkan untuk dikembangkan.

Menurut dia, selain mendorong petani tambak mengembangkan budi daya ikan air tawar, pihaknya melalui dinas terkait melakukan pembinaan kepada unit pembenihan rakyat (UPR) yang tersebar di sejumlah kecamatan.

"Masyarakat yang membutuhkan benih selain bisa mendapatkan di BBI, juga bisa dipenuhi oleh UPR binaan pemerintah daerah," katanya.

Wabup berharap UPR yang tersebesar dibeberapa kecamatan dapat mampu memenuhi kebutuhan benih ikan bagi masyarakat setempat mengingat bagi masyarakat pedesaan tentu terkendala jarak yang cukup jauh kalau pasokan benih ikan harus didapat dari BBI.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016