Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan terminal tunggu untuk menampung sementara kendaraan para pelaku perjalanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah sebelum masuk terminal penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Terminal tunggu sementara yang berada di kawasan Pantai Baturakit akan kita siapkan agar lebih nyaman dan aman menunggu jadwal pemberangkatan kapal penyeberangan yang biasanya memakan waktu cukup lama pada waktu puncak arus mudik," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat Juswardi di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan dalam tiga tahun terakhir Pemkab Bangka Barat telah membantu menyediakan tempat tunggu yang nyaman bagi para pelaku perjalanan mudik hari raya yang mengantre jadwal keberangkatan kapal feri di Pelabuhan Tanjungkalian.

Lokasi yang disiapkan berada di kawasan Pantai Baturakit yang terletak di sebelah pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera tersebut.

"Karena sudah berjalan beberapa tahun terakhir, untuk persiapan tidak ada masalah yang berat, seluruh fasilitas pendukung sudah cukup lengkap dan siap kita aktifkan kembali," katanya.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini diperkirakan juga akan terjadi antrean kendaraan di bahu jalan, namun tidak mengular seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya karena akan dilakukan pemisahan antara kendaraan pribadi dengan truk logistik.

Dua jenis kendaraan tersebut menjadi perhatian utama, ada kemungkinan tetap akan dipisahkan lokasi tunggunya.

"Untuk terminal tunggu sementara yang kita siapkan di Kawasan Pantai Baturakit akan mampu menampung sekitar 500 hingga 600 unit mobil pribadi, sedangkan kendaraan truk logistik kemungkinan akan tetap mengantre di bahu jalan atau di halaman depan pelabuhan," katanya.

Wakil bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan pemerintah Daerah bersama PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian akan terus melakukan komunikasi untuk mematangkan persiapan pelayanan bagi para pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Mudah-mudahan kerja sama dengan Pemprov Babel tahun ini lebih baik lagi. Kita akan maksimalkan peran terminal tunggu sementara agar pemudik merasa aman, nyaman,perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024