Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menambah pembangunan gedung SDN 10 Namang dan SDN 04 Pangkalanbaru untuk menambah daya tampung murid baru.

"Gedung pertama kita bangun untuk SDN 10 Bukit Kijang, Kecamatan Namang dan gedung kedua adalah SDN 04 Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalanbaru untuk memperkuat daya tampung," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Bupati mengatakan gedung yang dibangun ini merupakan gedung tambahan yang terdiri atas dua lantai dan empat kelas agar daya murid baru juga bisa bertambah.

"Pembangunan gedung baru di dua sekolah dasar tersebut menggunakan APBD 2023 dan rampung pengerjaannya pada Desember 2023," ujarnya.

Bupati mengatakan pembangunan gedung baru di dua sekolah dasar itu sebenarnya sudah direncanakan sejak 2021 namun baru bisa direalisasikan pada 2023.

"Ini berawal dari keluhan guru di dua SD tersebut, mereka punya keluhan yang sama yaitu kekurangan ruang kelas baru (RKB) maka sekarang kita wujudkan," ujarnya.

Ia menyebutkan pembangunan gedung baru di dua SD tersebut mengeluarkan anggaran yang bersumber dari APBD 2023 senilai Rp1,3 miliar.

"Anggarannya Rp1,3 miliar, pembangunannya rampung tepat waktu, tidak ada masalah, sudah kita resmikan dan sudah bisa digunakan pihak sekolah," ujarnya.

Bupati mengatakan fasilitas pendukung berupa sarana fisik juga bagian penentu dalam meningkatkan mutu pendidikan selain kualitas SDM pendidik.

"Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan itu, ada beberapa yang menjadi pendorongnya dan di antaranya adalah sarana dan prasarana fisik yang memadai," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024