Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, untuk mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

"Kami bersama sejumlah instansi terkait lain yang terlibat dalam pelayanan mudik Lebaran ini telah melakukan koordinasi dan simulasi awal di sekitar pelabuhan, kita berharap persiapan ini bisa mendukung kesuksesan pelayanan mudik tahun ini," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, merupakan pintu gerbang utama bagian barat Provinsi Babel yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera.

Pada saat libur panjang dan perayaan hari besar keagamaan, Pelabuhan Tanjungkalian selalu dipadati pelaku perjalanan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera menggunakan kapal feri dan kapal cepat.

"Pada masa mudik kali ini kami perkirakan juga terjadi penumpukan calon penumpang yang akan berangkat ke Sumatera. Untuk itu kita lakukan persiapan bersama agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pemudik," katanya.

Selain melakukan rekayasa alur lalu lintas kendaraan pemudik, pihaknya juga telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi rawan.

"Untuk beberapa lokasi rawan, akan kami tempatkan sejumlah personel untuk pengawasan, ada juga kami siapkan tambahan jumlah rambu-rambu lalu lintas guna mencegah dan mengurangi gangguan kamtibmas," katanya.

Selain itu, kata dia, Polres Bangka Barat juga akan memperkuat pelayanan di pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos terpadu yang akan ditempatkan sejumlah personel Polri bersama TNI dan instansi terkait lainnya.

Pos yang disiapkan tersebut diharapkan bisa memberikan rasa aman dan para petugas yang terlibat bisa memberikan pelayanan kepada pelaku perjalanan di moda transportasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Dengan adanya berbagai persiapan dan penguatan koordinasi lintas sektor diharapkan pelayanan mudik bagi para pelaku perjalanan yang melalui jalur Pelabuhan Tanjungkalian bisa berjalan aman, tertib, lancar dan selamat.

"Kita berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk membantu masyarakat yang melakukan perjalanan mudik agar lancar dan selamat sehingga mereka bisa berlebaran bersama keluarga," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024