Muntok (Antara Babel) - Sejumlah pedagang bendera musiman di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai marak menjajakan dagangannya di beberapa ruas jalan dan pusat keramaian.

"Sudah sekitar satu minggu kami jualan, pembeli juga mulai meningkat untuk meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71," kata Ujang, pedagang bendera di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, jumlah pembeli sudah mulai meningkat sedikit dibandingkan minggu lalu, namun belum sesuai yang diharapkan.

"Kami perkirakan penjualan akan mencapai puncaknya pada minggu kedua Agustus," katanya.

Pedagang dari Sukabumi, Jawa Barat tersebut mengatakan hampir setiap tahun sengaja berdagang di Pulau Bangka untuk mengais rezeki musiman.

Hal senada dikatakan Kandi, pedagang bendera berasal dari Garut, Jawa Barat yang sudah sekitar sebulan berdagang di daerah itu.

"Sudah sekitar tujuh tahun, setiap bulan Juli hingga Agustus saya jualan di Pulau Bangka, lokasi berpindah-pindah mencari lokasi strategis di pusat kota," kata dia.

Menurut dia, hasil berjualan bendera, umbul-umbul, rontek, dan pernak-pernik tujuh belasan lumayan menguntungkan.

"Tahun lalu bisa mengumpulkan untung bersih sekitar Rp7 juta selama berjualan," katanya.

Namun untuk tahun ini diperkirakan penjualan akan menurun sedikit dibandingkan tahun sebelumnya seiring lesunya perekonomian warga di daerah itu.

Dia mengatakan, musim tahun ini tidak seramai tahun sebelumnya karena dia dalam sehari hanya bisa menjual antara Rp100.000 hingga Rp200.000, sedangkan tahun sebelumnya rata-rata Rp300.000 per hari.

"Meskipun demikian tahun depan kami akan datang ke sini lagi karena masih cukup menguntungkan, pembelinya juga masih lumayan banyak," kata dia. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016