Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiagakan satu kapal patroli guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

"Kami menyiagakan satu kapal patroli guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Syaiful Anwar di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, kapal patroli tersebut disiagakan di dermaga terminal penumpang Pelindo Regional 2 Tanjung Pandan.

Ia mengatakan, kapal patroli tersebut bertugas untuk melakukan patroli di wilayah alur pelayaran guna mendukung kelancaran keluar masuk kapal selama arus mudik Lebaran 2024.

"Kapal patroli bertugas untuk melakukan pengawasan laut, namun kapasitas kapal adalah kapal kelas V jadi tidak mungkin juga patroli ke tengah laut atau laut lepas," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Syaiful Anwar, kapal akan melakukan patroli di Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp) dan alur pelayaran pelabuhan karena harus menyesuaikan dengan kapasitas kapal patroli tersebut.

"Kalau kapalnya kelas IV, kelas III, maupun kelas II bisa ke lepas pantai, namun paling tidak KSOP Kelas IV Tanjung Pandan sudah punya fasilitas kapal patroli ini," katanya.

Dikatakannya, selain itu, kapal patroli tersebut juga bertugas untuk mengawasi keselamatan pelayaran dan penumpang selama arus mudik Lebaran 2024.

"Misalnya kadang ada terjadi mohon maaf penumpang yang mengalami depresi atau stres kemudian melompat (nyemplung) ke laut makanya kami sudah siap mengantisipasi hal-hal semacam itu," ujarnya.

Syaiful menambahkan, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan beserta instansi lainnya di pelabuhan Tanjung Pandan siap mendukung pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 yang aman dan selamat.

Pihaknya juga telah menggelar rapat lintas sektor di wilayah pelabuhan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

"Kalau sampai saat ini arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan berjalan dengan lancar dan kami juga menyiapkan petugas piket di lapangan setiap ada keberangkatan dan kedatangan kapal untuk dilaporkan secara berjenjang ke tingkat atas," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024