Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penataan terhadap wajah Kota Toboali dengan menyediakan ruang publik yang berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

"Penataan wajah Kota Toboali konsepnya tidak lepas dari pemberdayaan para pelaku UMKM dengan menyediakan ruang bagi mereka untuk mengembangkan usaha yang digeluti," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Sabtu.

Bupati menjelaskan, penyediaan ruang publik dalam penataan wajah kota merupakan strategi dalam menggeliatkan ekonomi masyarakat.

"Kita tidak bisa pungkiri bahwa UMKM merupakan sektor yang sangat penting dan pondasi dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif," ujarnya.

Pemanfaatan ruang publik yang sudah di bangun di ibu kota kabupaten Bangka Selatan itu, kata sang bupati, dapat menumbuhkan sumber ekonomi baru dan meningkatkan interaksi jual beli yang pada akhirnya menggeliatkan perekonomian setempat.

"Di sisi lain kita juga memberikan berbagai bantuan fasilitas kepada masyarakat, pelaku usaha, menjamin pasokan bahan kebutuhan pokok, pengendalian harga dan menekan inflasi," ujarnya.

Pemerintah daerah juga sudah merancang pembangunan landscape dan wahana permainan untuk menarik wisatawan, kata Riza.

"Kita akan segera bangun landscape dan wahana permainan di kawasan wisata Benteng, namun infrastruktur public space lainnya yang sudah dibangun harus kita lihat secara utuh dan tidak parsial," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024