Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Lusje Anneke Tabalujan menyebutkan harga cabai keriting dan cabai rawit turun karena stok berlimpah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Saat ini harga cabai keriting turun jadi Rp70.000 dari Rp100.000 per kilogram," kata Lusje Anneke Tabalujan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan harga cabai rawit juga mengalami penurunan menjadi Rp60.000 dari Rp110.000 per kilogram, sehingga dipastikan harga tidak akan mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, karena stok cabai berlimpah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut lebaran nanti.

'Biasanya harga cabai ini di atas Rp100.000 per kilogram, namun sekarang harga di kisaran Rp60.000 hingga Rp70.000 per kilogram," ujarnya.

Ia menyatakan pada pemantauan stok dan harga sembako di sejumlah pasar di Kota Pangkalpinang hanya harga bawang merah dan ayam merah atau ayam petelur afkir yang mengalami kenaikan.

"Sesuai hitung-hitungan pedagang, stok kebutuhan pokok cukup dan tidak akan mengalami gejolak," katanya.

Ia berharap masyarakat dengan bijak berbelanja dan memasak masakan lebaran dengan secukupnya, karena masakan yang dipanas-panaskan tidak sehat.

"Kami berharap masyarakat dalam menyambut lebaran memasak makanan dengan secukupnya, agar tidak terjadi lonjakan harga karena meningkatnya permintaan kebutuhan pokok ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024