Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merekrut sebanyak 100 orang Relawan Pemadam Kebakaran (Repkar) guna membantu peran petugas pemadam kebakaran di daerah itu menangani peristiwa kebakaran.

"Kami sudah merekrut sebanyak 100 orang relawan pemadam kebakaran," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, relawan pemadam kebakaran tersebut dibentuk dengan memberdayakan masyarakat di setiap masing-masing desa daerah itu.

"Sebanyak 100 orang relawan tersebut sudah kami rekrut, kami berikan Surat Keterangan (SK), dan akan kami daftarkan ke Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, BPBD Belitung akan memberikan pelatihan dasar kepada sebanyak 100 orang relawan pemadam kebakaran dalam waktu dekat.

"Insyaallah pada akhir Mei atau Juni nanti kita akan ada pelatihan dasar," katanya.

Disampaikan dia, para relawan tersebut akan diberikan pengetahuan dasar tentang pemadam kebakaran sehingga mereka memiliki pemahaman tentang penanganan kejadian kebakaran.

"Dengan kami rekrutnya mereka di semua titik-titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Belitung, mereka sebagai agen dari kami yang akan menangani lebih dulu saat terjadinya peristiwa kebakaran sebelum bantuan dari pos damkar tiba," ujarnya.

Selain itu, tim Damkar BPBD Belitung juga senantiasa meningkatkan respon atau kecepatan pelayanan saat menerima adanya laporan peristiwa atau kejadian kebakaran.

"Paling lama adalah 15 menit namun selama ini  saat menerima laporan kejadian kebakaran di bawah 15 menit tim Damkar BPBD Belitung sudah tiba di lokasi kejadian," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024