Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperketat pengawasan pelabuhan untuk mencegah kemungkinan tindak penyelundupan berbagai barang ilegal dan narkotika.

"Bangka Barat berada ujung barat Pulau Bangka yang menjadi pintu utama masuknya barang dari Pulau Sumatera sehingga cukup rawan terjadi penyelundupan berbagai barang ilegal yang dikirim melalui transportasi darat," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Senin.

Menurut dia, peningkatan pengawasan tidak hanya dilakukan di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, namun juga di sejumlah pelabuhan kecil yang menjadi pintu keluar masuk orang dan barang.

"Pengawasan kami lakukan bersama para personel Satuan Polairud Polres Bangka Barat, untuk kali ini kita laksanakan di Pelabuhan Tanjungkalian dengan sasaran kendaraan pribadi dan angkutan logistik," katanya.

Para personel ditempatkan di pintu masuk dan keluar pelabuhan Tanjungkalian dan melakukan pemeriksaan ketat barang bawaan kendaraan, baik yang akan meninggalkan Pulau Bangka maupun yang datang dari Sumatera.

"Langkah ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya kasus barang ilegal di daerah pelabuhan, kami berharap dengan pola pengawasan ini bisa mencegah penyelundupan, baik barang ilegal maupun narkotika," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan barang bawaan kendaraan, pihaknya juga memeriksa berbagai barang bawaan para penumpang pejalan kaki.

"Ini salah satu bentuk komitmen kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Pada pelaksanaan pengawasan tersebut, para personel juga memberikan imbauan agar selalu patuh aturan perjalanan sehingga bisa terhindar atau terlibat dalam aktivitas penyelundupan barang ilegal.

Para personel juga meminta masyarakat untuk selalu proaktif memberikan informasi kepada petugas jika menemukan dugaan adanya peredaran barang ilegal dan narkotika, atau aktivitas yang mencurigakan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencegah dan mengurangi peredaran barang ilegal sekaligus meningkatkan rasa aman bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024