Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan para pelaku usaha menambah pasokan 40 ton daging ayam, guna mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat selama libur selama libur panjang Hari Raya Waisak 2024.

"Kita pastikan stok daging cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Disperindag Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, dengan adanya penambahan pasokan 40 ton daging ayam broiler ini, maka stok daging ayam yang ada di lima distributor mencapai 464,2 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini.

Sebanyak 464,2 ton stok daging ayam tersebut tersebar di gudang distributor PT Semesta Mitra Sejahtera 300 ton, UD Satwa 50 ton, Pelita Trijaya Bersinar 53 ton, Hypermary 0,2 ton dan PT Ciomas 61 ton.

"Stok daging ayam ini belum termasuk persediaan di pedagang eceran dan peternak ayam usaha rumah tangga, sehingga stok daging ayam ini mencapai 500 ton lebih," katanya.

Ia menyatakan, stok daging ayam yang mencukupi ini tentunya berdampak langsung terhadap harga yang masih bertahan normal di pedagang eceran pasar moderen dan tradisional di Kota Pangkalpinang.

Harga daging ayam broiler di Pasar Pembangunan dan Pasar Pagi Kota Pangkalpinang bertahan normal Rp28.000 per kilogram dan ayam kampung Rp75.000 per kilogram.

"Selama libur panjang Hari Raya Waisak ini, permintaan masyarakat mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya, namun tidak mempengaruhi harga yang masih normal karena stok daging ayam tersebut yang cukup berlimpah," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024