Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman menyebutkan pesta demokrasi dalam Pilkada 2024 merupakan bagian dari tanggung jawab kepala daerah.

"Sukses atau tidak, tentu itu bagian dari tanggung jawab saya juga sebagai kepala daerah," katanya usai menghadiri pelantikan 189 anggota PPS di Hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Minggu.

Justeru itu, kata bupati, amanat konstitusi itu harus dipikul dan dijalankan secara bersama agar pelaksanaannya sesuai aturan undang-undang yang berlaku.

"Pemerintah daerah mendukung penuh dan mendorong para penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu untuk bekerja secara profesional," ujarnya.

Algafry menumpangkan banyak harapan kepada KPU dan Bawaslu untuk dapat menjadi penyelenggara dan wasit yang profesional dalam helatan Pilkada Serentak 27 November 2024.

"Saya berharal anggota PPS betul-betul memantau, mengkoreksi dan mengevaluasi kembali kevalidan data-data sebelumnya yang ada pada Pilpres dan Pileg," ujarnya.

Ia juga meminta PPS dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak kecamatan dan desa untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka.

"Jalan komunikasi yang baik dan selalu berkoordinasi dalam menjalankan semua tahapan Pilkada 2024," ujarnya.

Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra mengatakan, PPS yang dilantik tersebut merupakan mereka yang terpilih dan berhasil mengikuti serangkaian seleksi yang dilaksanakan pada 2 hingga 8 Mei 2024.

"Saat dibuka pendaftaran, ada 420 peserta tes calon anggota PPS yang lulus seleksi administrasi, kemudian pada 15 Mei diadakan tes tertulis CAT yang diikuti sebanyak 389 peserta, terakhir pada 21 sampai 23 Mei diadakan tes wawancara, sebanyak 189 orang dinyatakan lulus dan dilantik hari ini," ujarnya.

Supendi mengingatkan, 189 PPS yang dilantik dan bekerja selama delapan bulan ke depan mampu menjaga integritas dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah.

Supendi juga mengatakan, saat ini PPK sudah memetakan sebanyak 144.931 mata pilih sesuai DP4 yang tersebar di 6 kecamatan.

"Pemilih tersebut akan dibagi sebanyak 600 pemilih di setiap TPS yang totalnya masih dalam pemetaan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024