Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Kodim 0431/BB melakukan kerja sama renovasi rumah tidak layak huni.

"Alhamdulillah untuk untuk tahun ini kita bisa mendukung 10 unit rumah warga untuk direnovasi agar menjadi semakin layak sebagai rumah tinggal dan sehat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin.

Hal ini disampaikan Sukirman setelah sebelumnya dilakukan rapat melalui zoom meeting antara Bupati Bangka Barat didampingi Dandim 0431/BB Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika.

Menurut dia, dukungan kepada TNI Angkatan Darat untuk merealisasikan pembangunan sebanyak 10 unit rumah ini di luar program yang dianggarkan pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan kerja sama dengan TNI Angkatan Darat dapat memberikan manfaat bagi warga Bangka Barat," katanya.

Pihaknya belum dapat memastikan waktu pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni karena harus dilakukan pengkajian terlebih dahulu oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan agar program ini berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Namun, diperkirakan kegiatan akan dilaksanakan dalam waktu dekat karena data awal sudah ada di dinas terkait.

"Kita akan lakukan kajian terlebih dahulu untuk menentukan sasaran penerima manfaat, selain itu juga perlu persiapan teknis. Kalau data calon penerima sudah ada dilakukan survei melalui musrenbang dan reses, tinggal pematangan saja," katanya.

Dandim Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengapresiasi kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah daerah setempat dalam mendukung kegiatan TNI Angkatan Darat.

"Untuk tahun ini sementara 10 unit terlebih dahulu, namun untuk target tahun 2025 sebanyak 50 unit," ujarnya.

Menurut dia, Pemkab Bangka Barat melalui Bupati Sukirman memiliki keinginan kuat untuk terus membantu masyarakat dalam memiliki rumah yang layak huni sehingga kerja sama ini diharapkan bisa mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

"Bupati memiliki keinginan besar untuk ikut membantu masyarakat, kita apresiasi Bupati dan Dinas Perkimhub yang telah bekerja sama dengan TNI AD," katanya.

Ia berharap, kegiatan yang akan dilaksanakan bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024