Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membekali keterampilan pengelola desa wisata di daerah itu sehingga dapat maksimal dalam mengelola destinasi wisata.

"Pembekalan keterampilan cukup penting dan bagian dari tuntutan yang harus dipenuhi oleh pengelola desa wisata agar desa wisata setempat dapat menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Maddona di Sungailiat, Selasa.

Pembekalan yang dijadwalkan selama tiga hari mulai tanggal 4-6 Juni 2024, diikuti 40 orang berasal kelompok sadar wisata dari desa wisata dan pelaku usaha wisata.

"Setelah mendapat pembekalan keterampilan dan meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan yang diandalkan diharapkan memiliki wawasan, kreativitas dan pengetahuan," jelas dia.

Dukungan SDM yang handal kata dia, menjadi pintu gerbang berskala Internasional di sektor pariwisata sebagai ujung tombak pendapatan Kabupaten Bangka.

Pengelola pariwisata harus mampu menciptakan iklim kondusif yang memberikan jaminan kenyamanan pengunjung sehingga wisatawan itu ingin kembali ke tempat yang sama.

"Untuk memantapkan kemampuan dan keterampilan, peserta mendapat pendidikan lapangan oleh instruktur yang sudah berpengalaman," kata Rismy Wira Maddona.

Dia optimis, sektor pariwisata di Kabupaten Bangka akan tumbuh dan berkembang sesuai harapkan bahkan mampu bersaing dengan daerah destinasi wisata lain di Indonesia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024