Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan darat sebagai bentuk pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Kami sudah membahas persoalan ini bersama dengan Dishub Bangka Belitung terkait peningkatan kualitas perhubungan darat," kata Wakil Bupati Bangka Tengah Era Susanto di Koba, Rabu.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan darat, kata Era, diperlukan pembangunan sarana dan prasarana pendukung antara lain lampu penerang jalan, Zona Selamat Sekolah (ZoSS), terminal, dan pengadaan bus sekolah.

"Fasilitas tersebut sangat penting dan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perhubungan darat di Bangka Tengah," ujarnya.

Era mencontohkan di Desa Perlang memerlukan lampu atau penerangan jalan sekitar 7 hingga 10 titik dan pihaknya mengharapkan dukungan Dinas Perhubungan (Dishub) Babel.

"Kami berharap ada dukungan dari Dishub Provinsi Babel untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sebab dengan adanya penerangan yang memadai tentu bisa membantu aktivitas masyarakat setempat,” jelas Era.

Selain itu Era juga membahas pengadaan angkutan umum dan pembangunan terminal di Kota Koba sebagai ibu kota Kabupaten Bangka Tengah.

“Semua itu penting karena bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat, tapi tentunya perlu pembahasan dan pengkajian lebih matang," ujarnya.

Demikian juga, kata dia, perlunya dukungan di ZoSS yang merupakan pengendalian dan pengaturan kecepatan kendaraan bermotor di lingkungan sekolah.

"Tujuan ZoSS tentunya untuk mencegah terjadi kecelakaan sebagai upaya menjamin keselamatan anak di sekolah sehingga memerlukan penempatan marka dan rambu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024