Pelaksana harian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Fery Afriyanto menyatakan pemerintah segera menetapkan tim percepatan reklamasi lahan kritis di daerah itu guna merehabilitasi kerusakan lingkungan akibat penambangan timah.

"Tim ini sudah terbentuk dan segera ditetapkan," kata Fery di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Komisi IV DPR RI dalam kunjungan kerjanya ke wilayah konsesi PT Timah Tbk di Desa Kerakas, Kabupaten Bangka Tengah pada Rabu (5/6) telah melihat langsung kegiatan reklamasi yang dilakukan di lahan bekas penambangan bijih timah.

"Rabu kemarin saya langsung mendampingi Komisi IV DPR untuk melihat secara langsung reklamasi di lahan kritis di Kepulauan Babel," katanya.

Ia menyatakan dari hasil kunjungan kerja tersebut Komisi IV DPR RI melakukan koordinasi dengan kementerian terkait untuk menetapkan tim percepatan reklamasi lahan kritis di bekas penambangan bijih timah tersebut.

"Kita sepenuhnya mendukung penetapan tim ini guna mengoptimalkan upaya rehabilitasi lingkungan di daerah ini," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menginginkan adanya percepatan reklamasi lahan kritis di bekas-bekas penambangan bijih timah di Kepulauan Babel.

"Kita segera menindaklanjuti ke Kementerian Lingkungan Hidup agar ada kegiatan percepatan reklamasi yang dilakukan lintas kementerian dan juga regulasi yang dihasilkan untuk bisa mempercepat reklamasi lahan kritis ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024