Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar seleksi calon direktur pelabuhan Tanjung Batu yang baru dalam waktu dekat.

"Kami akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa antara pemerintah dan pemegang saham (swasta) diantaranya adalah menentukan jadwal seleksi baru direktur pelabuhan Tanjung Batu," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, panitia seleksi penerimaan calon direktur baru pelabuhan Tanjung Batu berasal dari pejabat pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan RI, dan kalangan akademisi sehingga diharapkan direktur terpilih mampu menjalankan bisnis perusahaan dengan optimal.

Selain itu, lanjut dia, proses seleksi calon direktur pelabuhan Tanjung Batu adalah sebagai langkah pembenahan terhadap kondisi pelabuhan Tanjung Batu sebagai satu-satunya badan usaha pelabuhan milik pemerintah daerah.

"Karena potensi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) ini sangat besar dan luar biasa sekali," ujarnya. 

Ia menegaskan, proses seleksi calon direktur pelabuhan Tanjung Batu mengacu kepada Perda Kabupaten Belitung Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pendirian Badan Usaha Pelabuhan Tanjong Batu Belitong Indonesia.

"Dalam perda tersebut ada sejumlah persyaratan dan tim panitia seleksinya diatur dalam perda itu kami akan memasukkan syarat khusus salah satunya adalah peserta calon direktur memiliki sertifikasi di bidang kepelabuhanan," katanya.

Ramansyah menyebutkan, adapun sejumlah persyaratan seleksi calon direktur baru pelabuhan Tanjung Batu sebagaimana diatur dalam peraturan daerah seperti pendidikan Strata Satu (S1) dan memiliki pengalaman kerja di bidang kepelabuhanan minimal lima tahun.

"Ini adalah persyaratan umum yang diatur dalam perda namun syarat khusus akan kami tambahkan salah satunya adalah calon direktur harus memiliki sertifikasi dalam bidang kepelabuhanan yang dibuktikan dengan sertifikat," ujarnya. 

Disampaikan Ramansyah, tugas direktur baru pelabuhan Tanjung Batu nantinya adalah membenahi pelabuhan Tanjung Batu sekaligus meneruskan catatan-catatan dan masukan terhadap kondisi pelabuhan Tanjung Batu.

"Apabila tidak ada halangan akhir Juni tahapan seleksi akan kami umumkan dan perlu kami sampaikan selama proses seleksi calon direktur baru pelabuhan Tanjung Batu mendapatkan pengawasan dari tim pusat," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024