Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan dua kapal puskesmas keliling perairan untuk mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang tinggal di pulau.

Penjabat Bupati Bangka M Haris di Sungailiat, Selasa, mengatakan dua kapal puskesmas keliling perairan yang disediakan merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pihaknya juga menyediakan dua mobil puskesmas keliling. Sistem layanan kesehatan, baik kapal puskesmas maupun armada bersifat bergerak dengan satu operator kendaraan dan seorang petugas medis.

Untuk kapal puskesmas perairan akan menjangkau area kerja Puskesmas Kenanga dan Puskesmas Belinyu, sedangkan mobil puskesmas akan melayani wilayah Puskesmas Pemali.

"Saya minta Dinas Kesehatan membuat standar operasional prosedur baik untuk kapal ataupun mobil puskesmas serta menyiapkan operator dan tenaga kesehatan yang selalu siap memberikan layanan kesehatan," kata Haris.

Ia mengingatkan terkait dengan kendaraan operasional layanan kesehatan agar dapat digunakan sesuai peruntukan serta dirawat dengan baik.

"Layanan kesehatan masyarakat harus diutamakan terutama bagi masyarakat yang berada jauh dari kota atau bahkan tinggal di sebuah pulau," ujarnya.

Pelayanan kesehatan masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Bangka, termasuk kelengkapan sarana kesehatan di setiap puskesmas yang tersebar di wilayah kecamatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024