Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berhasil mengumpulkan kurang lebih 42 kantong darah pada Hari Donor Darah Sedunia tahun 2024.

"Kurang lebih 42 kantong darah yang berhasil kami himpun dari target awal hanya 30-an kantong," kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Depati Bahrin, dr Grace di Sungailiat, Jumat.

Puluhan kantong darah itu, kata dia, disumbang dari pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dari 52 orang yang melakukan skrining kesehatan.

Hari Donor Darah Sedunia tahun 2024 mengusung tema "20 Tahun Merayakan Pemberian: Terima Kasih kepada Para Donor Darah".

"Kami juga mempunyai program layanan donor darah keliling untuk memberikan pelayanan, jika ada instansi pemerintah atau swasta yang hendak donor darah," jelas dia.

Penjabat (Pj) Bupati Bangka Muhammad Haris mengatakan dirinya selalu menggugah kesadaran masyarakat supaya mendonorkan darah untuk kepentingan masyarakat.

"Kami menggugah seluruh masyarakat dan pegawai pemerintah daerah (pemda) harus memberi aksi dan contoh nyata, donor itu baik bagi kesehatan dan yang pasti bermanfaat bagi yang masyarakat membutuhkan," kata dia.

Ia juga memberikan kompensasi sembako gratis bagi warga yang dengan ikhlas menyumbangkan darah pada kegiatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2024.

"Masyarakat yang bersedia menyumbangkan darah, saya berikan gratis sembako," katanya di sela-sela kegiatan yang bersamaan operasi pasar murah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024