Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memotong 48 ekor hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian sosial membantu masyarakat miskin merayakan Hari Raya Idul Adha 2024.

"Semoga dengan berkurban ini makin meningkatkan nilai keikhlasan, kepedulian sosial, rasa syukur dan ketakwaan kepada Allah SWT," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, Selasa.



Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepulauan Babel Dwi Harnanto mengatakan sebanyak 48 ekor hewan kurban yang dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah terdiri atas 15 ekor sapi dan 33 ekor kambing.

"Alhamdulillah, pada tahun ini terdapat peningkatan jumlah hewan kurban yang disalurkan dibandingkan dengan tahun 2023," ujarnya.

Ia mengatakan penyembelihan 48 ekor hewan kurban tersebut dilakukan di Lapas, Rutan dan secara mandiri di masjid area kediaman pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham Kepulauan Babel.

Lapas dan Rutan yang melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah yang dirangkaikan dengan penyembelihan hewan kurban adalah Lapas Kelas IIA Pangkalpinang menyembelih 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

LPKA Kelas II Pangkalpinang memotong 2 ekor kambing), Lapas Kelas IIB Sungailiat 2 ekor kambing, Rutan Kelas IIB Muntok 2 ekor kambing dan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan 5 ekor kambing.



Kemudian, 22 hewan kurban lainnya disalurkan secara mandiri melalui masjid masing-masing oleh jajaran kantor wilayah, yaitu 5 ekor sapi dan 11 ekor kambing, LPP Pangkalpinang 1 ekor kambing, Bapas Pangkalpinang 3 ekor sapi, Kanim Pangkalpinang 1 ekor sapi dan Kanim Tanjungpandan 1 ekor kambing.

"Alhamdulillah, pemotongan hewan kurban berjalan dengan lancar dan daging kurban ini dibagikan kepada masyarakat kurang mampu dan dimasak di Lapas serta Rutan, sehingga warga binaan dapat bersuka cita merayakan Idul Adha," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024