Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing menegaskan Operasi Patuh Menumbing 2024 lebih mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis, guna mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri.

"Operasi Patuh Menumbing tahun ini agar masyarakat mengetahui arti pentingnya keselamatan berkendara, taat dan patuh terhadap peraturan berlalu lintas di jalan," kata Irjen Pol Tornagogo Sihombing usai Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Menumbing 2024 di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan Operasi Patuh Menumbing Polda Kepulauan Bangka Belitung tahun ini dimulai dari 15 hingga 28 Juli 2024 dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas", guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Operasi patuh menumbing tahun ini, merupakan operasi kewilayahan yang sejalan dengan program prioritas Kapolri yang disebut presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," ujarnya.

Ia menyatakan target dan tujuan operasi patuh menumbing tahun ini antara lain, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara, menurunkan angka tingkat kecelakaan, meningkatkan kesadaran dan kelengkapan kendaraan pribadi dan umum.

"Selama operasi ini, kami juga mensiagakan anggota polantas di daerah-daerah rawan lainnya, guna mewujudkan kondusifitas masyarakat," katanya.

Baca juga: Polda Babel bakal gelar Operasi Patuh Menumbing 2024, simak jadwal dan sasarannya

Ia mengimbau masyarakat dapat melengkapi surat menyurat kendaraannya, SIM dan mematuhi aturan keselamatan dalam berlalu lintas.

Selain itu, diimbau  para orang tua tidak mengizinkan anak-anak yang masih di bawah umur menggunakan kendaraan bermotor karena rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Semoga melalui operasi menumbing tahun ini, masyarakat lebih tertib dalam berlalu lintas, mematuhi peraturan yang ada dan jangan kebut-kebutan di jalan karena dapat meningkatkan angka kecelakaan di daerah ini," ujarnya.

Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Menumbing 2024 dihadiri Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, Kadis Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, Waka Polda Babel, Koordinator Bidang Intelijen Kejati Babel, Danlanal  Babel, Hakim Ad Hoc Tipikor, Pabung Bangka Tengah, Dandenpom ll/5 Bangka dan para PJU Polda Kepulauan Babel.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024