Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali mengusulkan tiga nama kandidat calon Pj Bupati Belitung kepada Kementerian Dalam Negeri.

Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan pengusulan ini dilakukan guna menindaklanjuti pengunduran diri Pj Bupati Belitung saat ini karena akan mengikuti pencalonan Pilkada 2024.

"Kami sudah mengusulkan tiga kandidat Pj Bupati Belitung kepada Kemendagri karena Pj Bupati Belitung saat ini akan mengundurkan diri," katanya.

Ia mengatakan, DPRD Belitung telah menerima surat pemberitahuan permohonan pengunduran diri Pj Bupati Belitung, Yuspian karena akan maju di pencalonan Pilkada 2024.

"Karena sesuai aturan Kemendagri apabila ada Pj kepala daerah yang ingin maju di Pilkada 2024 harus mengundurkan diri selamat-lambatnya 40 hari sebelum dibukanya masa pendaftaran," ujarnya. 

Baca juga: Yuspian mantapkan diri mundur dari jabatan Pj Bupati Belitung demi maju Pilkada 2024

Baca juga: DPRD Belitung hormati keputusan pengunduran diri Pj Bupati

Baca juga: Pj Bupati Belitung mundur dari jabatannya karena maju di Pilkada 2024

Ansori menambahkan, DPRD Belitung bergerak cepat untuk mengusulkan nama-nama kandidat Pj Bupati Belitung selanjutnya, sehingga tidak terjadi kekosongan di pemerintahan.

"Proses ini harus dilakukan sangat cepat mengingat masih banyak pekerjaan dan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh Pj Bupati Belitung selanjutnya, seperti menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak maupun tugas-tugas birokrasi lain yang tak kalah urgen," katanya.

Dirinya memastikan, DPRD Belitung tidak memiliki kepentingan apalagi sampai mengintervensi keputusan penentuan Pj Bupati Belitung selanjutnya.

"Kami tegaskan kami hanya mengusulkan nama-nama sama seperti mekanisme penentuan Pj Bupati Belitung sebelumnya. Jadi tidak ada kepentingan apapun dan kami berharap agar proses ini lancar tidak ada kendala demi berjalannya roda pemerintahan selanjutnya sampai ditetapkannya bupati hasil pilkada," ujarnya. 

Ia berharap, siapapun nantinya yang terpilih sebagai Pj Bupati Belitung dapat diterima oleh masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan dengan sebaik-baiknya.

"Harapan kami sama dengan masyarakat mendapatkan pemimpin yang terbaik di sisa masa jabatan seorang Pj Bupati Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024