Pangkalpinang (Antara Babel) - Stok telur ayam broiler di gudang-gudang distributor di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 20 ton atau cukup untuk memenuhi permintaan menjelang Lebaran Idul Adha 2016.

"Stok telur cukup untuk memenuhi permintaan yang masih stabil, dan pasokan dari daerah sentra sentra terus didatangkan secara kontinu," kata Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindagkop Pangkalpinang, Eka Subehi, Jumat.

Ia mengatakan, pedagang memasok telur dari daerah sentra untuk menjaga kestabilan harga dan mengantisipasi kelangkaan barang karena pasokan lokal belum mencukupi.

"Pasokan lokal belum dapat memenuhi permintaan karena hasil produksi minim. Diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan pasokan karena diperkirakan permintaan meningkat menjelang Lebarang Idul Adha," ujarnya.

Stok awal telur ayam sebanyak 20,50 ton, bertambah 381 ton selanjutnya disalurkan sebanyak 381,50 ton. Untuk harga bertahan stabil Rp1.300 per butir.

Selain itu pihaknya juga mencatat stok susu sebanyak 64,38 ton atau mencukupi menjelang Lebaran Idul Adha 2016. Sebelumnya stok tersedia sebanyak 41,70 ton ditambah 80,07 ton dan disalurkan sebanyak 57,39 ton.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus memantau kebutuhan dan harga pokok untuk memastikan persediaan mencukupi dan pelaku usaha berlaku jujur dalam perdagangan.

"Petugas lapangan terus melakukan pendataan secara rutin. Jika kedapatan pelaku usaha yang berlaku curang dan berdampak terhadap gejolak harga dan kelangkaan barang maka akan ada sanksi yang berlaku untuknya," ujarnya. 

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016