Pj Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian berpendapat pelaksanaan Popda XII Babel 2024 di Belitung mulai 23-28 Juli telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Kami melihat langsung setiap venue (lapangan) pertandingan antusias masyarakat yang menonton mulai dari tinju, bola, bola voli, basket semuanya antusias," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk itulah kegiatan Popda XII Babel 2024 selain untuk meningkatkan prestasi olahraga, memasyarakatkan olahraga, termasuk juga untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Menurut dia, selama berlangsungnya pelaksanaan Popda XII Babel 2024 tingkat hunian hotel di Belitung meningkat.

"Kami mendapatkan laporan hari ini seluruh hotel sepertinya penuh, dari kontingen ada yang agak rebut-rebutan untuk mendapatkan hotel terbaik," katanya. 

Disampaikan Yuspian, kondisi ini tentunya menjadi hak yang positif bagi pemulihan pariwisata dan perekonomian masyarakat lokal.

Baca juga: Belitung sukses jadi tuan rumah Popda XII Babel 2024

Baca juga: Pangkalpinang juara umum Popda XII Babel 2024 di Belitung

"Tentunya patut kita syukuri semoga nanti event-event sejenis di masa yang akan datang bisa dilaksanakan dengan lebih banyak," ujarnya. 

Ketua Panitia Popda XII Babel 2024 Marzuki di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan kontingen Pangkalpinang berhasil meraih 15 medali emas, enam medali perak, dan 10 medali perunggu.

"Dengan perolehan medali tersebut maka kontingen Kota Pangkalpinang menjadi juara umum satu Popda XII Bangka Belitung 2024," ujarnya.

Selanjutnya Belitung selaku tuan rumah harus puas berada di posisi dua dengan perolehan delapan medali emas, sembilan perak, dan 13 medali perunggu.

Kemudian di posisi ketiga adalah kontingen Bangka Selatan dengan perolehan enam medali emas, tiga medali perak, dan 10 medali perunggu. 

"Alhamdulillah, seluruh rangkaian pertandingan delapan cabang olahraga Popda XII Babel 2024 berjalan tertib, aman, dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024