Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siaga terhadap potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah itu di tengah kondisi musim kemarau sekarang ini.

"Personel BPBD Belitung siaga terhadap kebakaran hutan dan lahan di tengah kondisi cuaca kemarau sekarang ini," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, kondisi cuaca panas, kering, dan berangin berpotensi besar memicu kejadian peristiwa kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Pihaknya mencatat ada sebanyak 10 kali kejadian kebakaran bangunan gedung maupun lahan di daerah itu sepanjang Juli 2024.

"Dalam beberapa hari terakhir jumlah kasus kebakaran terutama lahan kering mengalami peningkatan sehingga kami harus siaga menghadapi kondisi seperti ini," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, BPBD Belitung menyiagakan personel Damkar dan armada guna menanggulangi peristiwa kebakaran hutan maupun lahan di daerah itu.

"Personel beserta peralatan kami siagakan dalam menghadapi ancaman potensi kebakaran hutan dan lahan saat ini," katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga memperkuat edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar atau membakar sampah tanpa mendapatkan pengawasan sehingga api tidak terkontrol dan menyebar lebih luas," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024