Banyuwangi (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bekerja sama dengan salah satu sekolah pilot memberikan beasiswa kepada para pemuda yang hafal Al Quran di daerah itu untuk masuk sekolah pilot.

Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Senin mengatakan pemberian beasiswa ini bekerja sama dengan Mandiri Utama Flight Academy (MUFA), salah satu sekolah pilot nasional yang membuka lembaga pendidikan di Banyuwangi.

"Bila selama ini Pemkab Banyuwangi memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi, sekarang kami memfasilitasi anak-anak muda yang ingin berprofesi sebagai pilot. Profesi ini sangat menjanjanjikan, apalagi saat ini Indonesia sedang kekurangan pilot," ujarnya.

Beasiswa ini, katanya, nantinya akan dikhususkan kepada anak yatim yang hafal Al Quran. Kenapa anak yatim? Anas menjelaskan, mereka ini perlu diberi akses lebih mengingat mereka sudah tidak memiliki orang tua. Apalagi pendidikan pilot ini nisbi membutuhkan biaya yang tinggi.

"Tentunya ini akan sangat membantu mereka. Ini juga wujud komitmen pemkab untuk memberikan kemudahan akses pendidikan bagi masyarakat, terutama kepada mereka yang berprestasi, namun terkendala biaya," ujar Anas.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Pemkab Banyuwangi Suprayogi menjelaskan lebih detail tentang persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Sekolah Pilot MUFA.

Selain calon siswa harus hafal Al Quran dan anak yatim, siswa lulusan SMA sederajat tersebut harus bisa berbahasa inggris aktif dengan TOEIC 600. Selain itu, calon siswa tidak buta warna dan sehat jasmina serta rohani.

Para peserta, kata dia, harus mengikuti serangkaian seleksi penerimaan. Ujian penerimaannya dibagi dalam dua tahap, mulai dari seleksi administrasi dan teknis.

"Semua pembiayaan mulai dari tahapan ujian hingga biaya pendidikan nantinya akan ditanggung antara Pemkab Banyuwangi dan MUFA. Bahkan MUFA siap membiayai semua biaya pendidikan selama masa pendidikan yang totalnya bisa mencapai Rp750 juta per orang," tutur Suprayogi.

MUFA sendiri adalah salah satu sekolah pilot yang ada di Banyuwangi. Selain MUFA, di Banyuwangi juga ada Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) yang merupakan sekolah pilot negeri dan Bali International Flight Academy (BIFA).

Pewarta: Masuki M Astro

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016