Pangkalpinang (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan semua kantor desa di daerah itu telah memajang Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2014.


"Kami telah berkoordinasi dengan KPU kabupaten dan kota serta semua kantor desa di daerah ini untuk memastikan penyampaian DPS kepada masyrakat setempat," kata anggota KPU Babel Divisi Perencanaan, Logistik, Keuangan dan Data Informasi Lailan Cholidah di Pangkalpinang, Sabtu.


Ia menjelaskan, pemajangan DPS bertujuan untuk mengumumkan hasil pemutakhiran sementara daftar pemilih  sehingga masyarakat dapat melihat dan mengetahui keikutsertaannya pada Pemilu 2014.


"Kami berharap seluruh pihak untuk ikut berpartisipasi memberikan masukan dan konfirmasi sebelum data tersebut ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap," katanya.


Ia mengatakan, KPU masih menunggu konfirmasi atau aduan dari masyarakat mengenai jumlah dan nama-nama yang tercantum dalam DPS tersebut, terkait kevalidan data apakah ada penambahan atau pengurangan.


"Masyarakat pemilih yang belum masuk dalam daftar dapat segera melaporkannya kepada panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan untuk dijadikan bahan revisi penyelenggara Pemilu," ujarnya.


Ia menyampaikan, sebelum KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dilakukan revisi yakni pada Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPS-HPA).


"Penyelenggara Pemilu hingga di tingkat desa akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih untuk menekan jumlah kesalahan data dan pemilih yang tidak terdaftar," ujarnya.


Ia berharap seluruh pihak ikut serta berpartisipasi memberikan masukan dan konfirmasi terhadap hasil penyusunan DPS untuk mencegah kesalahan dan kekurangan data.


"Mudah-mudahan masukan dan konfirmasi dari masyarakat di daerah ini dapat meningkatkan kevalidan dan keakuratan daftar pemilih," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Ongku Sutan H

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013