Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menghadiri panen raya lada putih di Desa Nyelanding, Kabupaten Bangka Selatan, sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan produksi komoditas ekspor daerah itu.

"Kami mendukung penuh, apalagi kualitas lada putih ini terbaik dan sudah terkenal di pasar manca negara," kata Safrizal ZA di Desa Nyelanding, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan panen raya lada putih seluas 32 hektare di kebun H Rudi Alwi Desa Nyelanding Kabupaten Bangka Selatan ini, sebagai langkah pemerintah provinsi memotivasi petani kembali bergairah mengembangkan perkebunan lada untuk mengembalikan kejayaan lada putih.

Baca juga: Babel serahkan 12.000 bibit lada bantu petani Nyelanding

"Lada dari Babel ini sudah dikenal oleh dunia dengan kualitasnya yang terbaik dan ini harus kita galakkan kembali untuk mengembalikan kejayaan komoditas ekspor ini," katanya.

Ia mengajak para petani kembali menanam lada, karena tanaman ini dinilai membawa berkah bila dibandingkan dengan menambang timah yang merusak lingkungan. 

"Kita lihat di Bangka Selatan ini rumah masyarakat dari dahulu besar-besar, itu hasil dari pertanian lada dan ini membuktikan berkebun lada menghasilkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Petani lada putih Desa Nyelanding H Rudi Alwi sangat bersyukur atas kehadiran Pj Gubernur Safrizal yang bersedia datang berkunjung ke kebunnya, dengan harapan pemerintah daerah dapat mendukung petani lada seperti dirinya. 

"Kebun lada saya ini bisa di jadikan kebun percontohan, karena memiliki luas 32 hektare dan kondisi tanaman ladanya juga sangat baik dan sehat," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024