Seluruh kabupaten kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk nominasi sudah mencapai universal health coverage (UHC) cakupan kesehatan semesta BPJS Kesehatan.

Kepala Bagian Mutu Kepesertaan BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang, Devi Sukadiah mengatakan, dengan capaian itu Bangka Belitung masuk dalam nominasi UHC Award 2024, di mana UHC ini merupakan wilayah yang sudah mendaftar warganya ikut jaminan kesehatan nasional (JKN) secara universal. 

"Ada beberapa kriteria yang masuk dalam UHC award ini salah satunya Bangka Belitung. Alhamdulillah Babel seluruh kabupaten kotanya sudah UHC dengan tingkat UHC jumlah peserta terdaftar 99,05 persen," kata Devi, Kamis (8/8).

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin berikan penghargaan UHC Awards kepada 493 kepala daerah, termasuk kabupaten/kota di Babel

Ia mengatakan, seluruh kabupaten kota di Babel capaian UHC sudah di atas 95 persen semua, sementara standar nasional 75 persen.

"Alhamdulillah Babel sudah di standar nasional. Makanya kita masuk dalam kriteria yang dipanggil untuk mendapatkan award dari presiden ini sudah tahun kedua," katanya.

Sebagai upaya meningkatkan UHC ini, BPJS Kesehatan Pangkalpinang tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk terus mendorong agar menganggarkan atau mengalokasikan dana untuk bisa mendaftarkan warganya dalam UHC ini.

"Sehingga keberlangsungan jaminan kesehatan warga nya tetap terjamin secara berkelanjutan," ucapnya.

Menurut dia, meski dengan kondisi perekonomian di Bangka Belitung saat ini, tingkat keaktifan BPJS Kesehatan di daerah ini masih di atas standar nasional.

"Kita tetap monitor dan kita terus lakukan evaluasi dengan pemerintah daerah kita selalu mengadakan rekonsiliasi baik data maupun iuran, secara rutin kegiatan. Kalaupun ternyata pemerintah ada kekurangan langsung kita bersama sama mencari solusi sehingga warga tetap terjamin kesehatannya dan pemerintah lebih aware terhadap kesehatan masyarakat," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024