Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memutasi sebanyak 41 kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah yang ada di daerah itu.

"Hari ini kami melaksanakan serah terima jabatan sebanyak 41 kepala sekolah yang terdiri dari dua kepala sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 33 Sekolah Dasar (SD), dan enam Sekolah Menengah Pertama (SMP)," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Edison Taher, Kamis.

Ia mengatakan mutasi itu berdasarkan hasil audit tim pengawas terhadap kinerja para kepala sekolah itu.

"Sebagian dimutasi karena kinerja yang kurang baik, serta banyaknya terjadi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan," kata Edison.

Namun, kata dia, ada juga yang diganti karena faktor lain, salah satunya karena yang bersangkutan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Dikatakannya, untuk tingkat TK ada satu orang guru yang naik jabatan dan diangkat menjadi kepala sekolah, di tingkat SD ada lima orang, dan tingkat SMP dua orang.

"Jadi, total ada delapan orang guru yang naik jabatan dan diangkat menjadi kepala sekolah. Sebaliknya ada juga kepala sekolah yang digantikan dan turun jabatan menjadi guru," katanya.

Menurutnya, para kepala sekolah yang baru dilantik ini nantinya juga akan dinilai kinerjanya dari awal oleh tim investigasi.

"Kalau memang nanti kinerjanya buruk, tidak menutup kemungkinan akan dimutasi kembali," ujarnya.

Ia mengatakan mutasi kepala sekolah itu untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah serta memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik di Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016