Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menambah satu tempat pemungutan suara (TPS) reguler untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

"Penambahan satu lokasi TPS dilakukan di Desa Sinarsari, Kecamatan Kelapa. Di desa tersebut awalnya kita siapkan dua lokasi TPS namun setelah dilakukan pencocokan dan penelitian data pemilih ternyata ada penambahan jumlah pemilih yang tidak memungkinkan jika hanya disiapkan dua TPS," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Dwi Aprianto di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih untuk penetapan daftar pemilih sementara PIlkada 2024, jumlah pemilih di Desa tersebut terdapat 1.203 orang.

Berdasarkan aturan penyediaan TPS yang maksimal terdapat 600 orang pemilu, maka di Desa Sinarsari dibutuhkan penambahan satu TPS.

"Awalnya kami telah menyiapkan dua TPS, namun setelah dilakukan pencocokan dan penelitian ternyata di TPS 01 terdapat 602 pemilih dan TPS 02 601 pemilih. Meskipun hanya lebih dua dan satu orang, namun jumlah ini tetap melebihi batas maksimal sesuai aturan yang ada sehingga perlu adanya tambahan TPS baru di desa tersebut," ujarnya.

Untuk pembentukan TPS baru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para petugas pemilihan di tingkat desa dan kecamatan untuk memilah jumlah pemilih masing-masing TPS di desa itu.

"Kita sudah lakukan pemilahan dan seluruh warga kita upayakan bisa memilih di TPS terdekat, kita juga sudah tetapkan lokasi TPS itu dengan beberapa pertimbangan sesuai kondisi riil di lapangan," katanya.

Selain menambah satu lokasi TPS, pihaknya juga telah menetapkan satu lokasi TPS khusus, yaitu di Rumah Tahanan (Rutan) Mentok.

TPS khusus ini disiapkan karena warga binaan memiliki keterbatasan akses di luar lingkungan Rutan Mentok.

"Warga binaan sudah kita lakukan pencocokan dan penelitian untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024, jumlah pemilih di Rutan Mentok mencapai 192 orang, terdiri dari 186 laki-laki dan enam perempuan," katanya.

Dengan adanya tambahan jumlah TPS ini, maka untuk pelaksanaan Pilkada 27 November 2024, jumlah TPS di Bangka Barat menjadi sebanyak 341 lokasi, yaitu di Kecamatan Mentok 76 (termasuk satu TPS khusus Rutan Mentok), Simpangteritip 51, Jebus 38, Kelapa 60, Tempilang 51 dan di Kecamatan Parittiga 65 lokasi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024