Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada 2024 mencapai 80 persen.

"Kami menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Belitung 2024 mencapai 80 persen," kata Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Belitung, Melly Triani di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, target partisipasi pemilih di Pilkada Belitung 2024 meningkat dibandingkan jumlah partisipasi pemilih di Pilkada 2018 lalu sekitar 76 persen.

"Maka dari itu tentunya harapan kami tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Belitung 2024 nanti lebih tinggi dibandingkan lima tahun sebelumnya yakni kami targetkan minimal mencapai 80 persen," ujarnya.

Ia mengatakan, oleh karena itu, KPU Belitung akan terus melakukan sosialisasi kepada pemilih terutama pemilih pemula generasi Z guna meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada Belitung 2024.

"Tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2024 lalu adalah 86,85 persen maka kami juga ingin tingkat partisipasi pemilih di Pilkada 2024 bisa menyamai pemilu 2024, walaupun terkadang melampaui tingkat partisipasi pemilih di pemilu memang sulit namun kami optimis dan realistis saja," katanya. 

Disampaikan, target capaian partisipasi pemilih di Pilkada 2024 sebesar 80 persen tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan dan target yang ditetapkan oleh KPU RI.

"KPU RI menargetkan bahwa tingkat partisipasi pemilih di pilkada serentak harus di atas 75 persen," ujarnya. 

Untuk itulah, salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024, KPU Belitung menggelar kegiatan "Ngelakar Pilkada kun KPU Belitung" bersama tokoh agama, masyarakat, pemuda, dan insan pers.

"Tujuan kegiatan "Ngelakar Pilkada kun KPU Belitung" mendengarkan saran dan masukan dari masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda menjelang Pilkada serentak 2024," katanya.

Melly menambahkan, masukan dan saran dari masyarakat sangat berarti bagi KPU Belitung sehingga pilkada serentak dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

"Masukan mengenai dinamika politik yang ada di Belitung sangat bermanfaat bagi KPU Belitung sehingga bisa mengantisipasi dan memetakan seperti apa potensi ancaman di pelaksanaan Pilkada Belitung 2024," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024