PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih seluruh pekerja anak perusahaan Pelindo Group dalam mengantisipasi bahaya kebakaran guna mengoptimalkan penegakan K3 di lingkungan pelabuhan.

"Kegiatan ini untuk mengantisipasi bahaya kebakaran yang sering terjadi di sekitar kita," kata General Manajer Pelindo Regional 2 Pangkalbalam A. Yoga Suryadarma di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan tata cara penggunaan alat pemadam api kepada seluruh pekerja anak perusahaan Pelindo Group di Pelabuhan Pangkalbalam ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dengan Dinas Kebakaran Kota Pangkalpinang dalam mengantisipasi kebakaran di lingkungan pelabuhan terbesar di Pulau Bangka ini.

“Kegiatan ini kami gelar agar para pekerja Pelindo Group mendapatkan sosialisasi tentang tata cara penggunaan alat pemadam api ringan dan ini salah satu bentuk penegakan K3 di lingkungan pelabuhan," katanya.

Menurut dia, pelatihan penanganan kebakaran ini sangat penting, jika terjadi kebakaran, para pekerja bisa melakukan pemadaman api secara dini, sehingga api dapat cepat teratasi.

"Ini sangat penting, karena pelabuhan merupakan pintu gerbang perekonomian masyarakat. Jika kebakaran ini tidak dapat diatasi dengan cepat akan melumpuhkan aktivitas pelabuhan yang mengganggu pasokan kebutuhan masyarakat di daerah ini," katanya.

Kepala Operasional Mobil Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang Ahmad Bajri mengapresiasi Pelindo Pangkalbalam yang terus melakukan penyegaran terkait penggunaan alat pemadam api kepada seluruh pegawainya secara rutin.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan kali ini dimulai dengan pengenalan jenis-jenis kebakaran dan cara memadamkannya, dilanjutkan dengan pelatihan pemadaman api dengan kain basah dan alat pemadam api ringan, lalu ditutup dengan refreshment Tim Damkar Pelindo Pangkalbalam.

"Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi ini, sumber daya manusia (SDM) para pekerja pelabuhan ini dalam mengantisipasi kebakaran semakin baik," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024