Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan peran aktif warga agar mampu bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

"Menjelang pelaksanaan tahapan penting dalam Pilkada 2024 ini, Polda Babel memberikan prioritas lebih pada upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Bidang Humas Polda Babel Kombes Pol. Jojo Sutarjo di Pangkalpinang, Kamis.

Terkait keamanan Pilkada 2024, Polda Babel memfokuskan pengamanan dengan melibatkan peranan masyarakat dalam menyukseskan dan menciptakan pesta demokrasi yang aman dan lancar.

"Harus ada kepedulian menjaga kamtibmas yang menjadi penjamin kelancaran pilkada, dan selama masa tahun politik ini, kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terpancing isu dan informasi yang belum diketahui kebenarannya agar tidak mudah dipecah belah," katanya.

Menurut dia, masyarakat Babel terkenal dengan budaya yang terbuka serta menerima perbedaan.

Dengan adanya toleransi dari keberagaman tersebut, kata dia, menjadi modal kuat sebagai pondasi kesatuan agar tidak mudah terpecah belah sehingga dapat meminimalkan kemungkinan terjadi konflik atau pertikaian di tengah masyarakat.

"Dalam menjalani hajatan politik pesta demokrasi seluruh masyarakat harus dapat merasakan euforia dan kegembiraan bersama-sama, namun wajib dengan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, sehingga dalam rangkaian hajatan besar tersebut dapat tercipta situasi keamanan dan kenyamanan yang kondusif, tanpa harus dinodai dengan hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sesuai dengan tugas dan fungsi Polri, kata dia, Polda Babel bertanggung jawab penuh untuk mengawal dan memastikan keamanan terjaga kondusif.

"Kita harus bersama-sama masyarakat agar bisa menciptakan pesta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas sesuai harapan bersama," katanya.

Untuk meningkatkan peran aktif masyarakat, Polda Babel bersama Polres dan Polsek jajaran terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, bak melalui media sosial, media peraga maupun pola tatap muka bersama warga, tokoh masyarakat, pemuka agama dan para pemangku adat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024