Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan sebanyak tiga berkas Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung untuk Pilkada 2024 lengkap.

"Dari sebanyak tiga berkas bakal pasangan calon yang kami teliti kami menyatakan sudah lengkap persyaratan dan terpenuhi," kata Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Belitung, Yossi di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, KPU Belitung telah menyerahkan berita acara Hasil Penelitian Perbaikan Persyaratan Administrasi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Belitung 2024 kepada masing-masing perwakilan tim pasangan calon.

"Karena berkas persyaratan yang sudah lengkap tadi, maka seluruh bakal pasangan calon dapat untuk mengikuti tahapan selanjutnya," ujarnya.

Ia mengatakan, setelah menyerahkan hasil penelitian perbaikan persyaratan administrasi, maka langkah selanjutnya adalah tahapan tanggapan dan masukan dari masyarakat yang berlangsung mulai 15-18 September.

"Selama masa ini kami akan mendengarkan tanggapan dan aspirasi masyarakat terhadap proses dan tahapan pencalonan yang sudah berlangsung ini," katanya.

Yossi menambahkan, setelah itu, tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon pada 22 September dan pengundian nomor urut pada 23 September mendatang.

"Pengundian nomor sesuai arahan akan dilaksanakan di kantor KPU Belitung," ujarnya.

Yossi memastikan, pelaksanaan penelitian berkas perbaikan persyaratan administrasi pencalonan tersebut berlangsung dengan dengan lancar.

"Semua berkas yang telah mereka serahkan kami verifikasi dan teliti bersama tim dengan berlangsung dengan aman dan lancar semuanya memenuhi persyaratan," katanya. 

Setelah itu, lanjut dia, tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan kampanye Pilkada 2024 mulai 25 September sampai 23 November 2024.

"Kami akan mengundang perwakilan dari masing-masing pasangan calon untuk menjelaskan aturan mengenai tahapan masa kampanye yang akan segera berlangsung," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024